Rabu, 19 Januari 2011

PAULO FREIRE




Paulo Freire: tokoh pendidikan?
         Lahir 19 September 1921 di Kota Recife, Brasil, meninggal 2 Mei 1997
         Menjadi terkenal ketika menulis buku Pendidikan bagi Kaum Tertindas (Pedagogy of The Oppresed, 1972)
         Menemukan model pendidikan untuk memberdayakan ‘kaum tertindas” dari sistem penindasan
         Mencetuskan program pemberantasan buta huruf (literacy programs)
         Dalam buku Pedagogia do Oprimido (1970); Freire membongkar watak pasif dari praktek pendidikan.
         Pendidikan (klasik) merupakan alat untuk melanggenggkan sistem ‘penindasan’.
         Kritik atas pendidikan ‘gaya bank’; dimana guru bertindak sebagai penabung yang menabung informasi, dan murid dijejali informasi untuk disimpan (tidak digunakan?)
         Pendidikan pada dasarnya adalah upaya pembebasan dan membangkitkan kesadaran kritis
         Antitesa atas pendidikan ‘gaya bank’ melalui ‘pedagogy of liberation yakni pendidikan ‘hadap masalah’ (problem posing of education)
         Apa tujuannya:
            1) mendorong dialog antara guru dan murid,
            2) mendorong siswa mengajukan pertanyaan (kritis) menentang ‘status quo’
          Belajar ‘membaca’ bukanlah sekedar belajar mengeja huruf demi huruf dalam kata dan kalimat, melainkan membaca untuk melahirkan kesadaran (conscientia) –kritis terhadap sistem yang menindasnya-.

Antagonisme Pendidikan ‘gaya bank’:
  1. Guru mengajar, murid belajar,
  2. Guru tahu segalanya, murid tidak tahu apa-apa,
  3. Guru berpikir, murid dipikirkan,
  4. Guru bicara, murid mendengarkan,
  5. Guru mengatur, murid diatur,
  6. Guru memilih dan memaksakan pilihannya, murid menuruti.
  7. Guru bertindak, murid membayangkan bagaimana bertindak sesuai dengan tindakan guru,
  8. Guru memilih apa yang diajarkan, murid menyesuaikannya,
  9. Guru adalah subjek proses belajar, murid objeknya.

BAGAIMANA DENGAN PROSES PENDIDIKAN (KITA?)
         Asumsi yang harus diyakini (kita) adalah bahwa pendidikan –apapun dan dimanapun- tidak akan pernah terbebas dari kepentingan politik ataupun terbebas demi melanggengkan maupun kekuasaan yang ada.
         Sistem pendidikan –pada dasarnya- sebagai sarana reproduksi sistem dan struktur sosial yang tidak adil, seperti relasi kelas, relasi gender, relasi rasisme dsb.
PAULO FREIRE
         Dilahirkan di Recife, Brazil pada tanggal 19 September 1921
         mengalami langsung kemiskinan dan kelaparan pada masa Depresi Besar 1929
         Freire mulai belajar di Universitas Recife pada 1943, sebagai seorang mahasiswa hukum
         Pada 1944 ia menikah dengan Elza Maia Costa de Oliveira
         Pada 1946, diangkat menjadi Direktur Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dari Dinas Sosial di Negara bagian Pernambuco
         Pada 1961, diangkat sebagai direktur dari departemen Perluasan Budaya dari Universitas Recife
         Pada 1964, Freire dipenjarakan
         Pada 1967, Freire menerbitkan bukunya yang pertama
         Pada 1979, ia dapat kembali ke Brasil
         Pada 1986, istrinya Elza meninggal dunia, dan Freire menikahi Maria Araújo
         Freire meninggal dunia karena serangan jantung pada 2 Mei 1997.
         Pada 1961, diangkat sebagai direktur dari departemen Perluasan Budaya dari Universitas Recife
         Pada 1964, Freire dipenjarakan
         Pada 1967, Freire menerbitkan bukunya yang pertama
         Pada 1979, ia dapat kembali ke Brasil
         Pada 1986, istrinya Elza meninggal dunia, dan Freire menikahi Maria Araújo
         Freire meninggal dunia karena serangan jantung pada 2 Mei 1997.
PEMIKIRAN PAULO FREIRE
         Pendidikan sebagai aksi kultural untuk pembebasan
         harus ada dialektika antara teks dan konteks, teks dan realitas
         Tugas utama pendidikan sebenarnya mengantar peserta didik menjadi subyek
KARYA-KARYA
         Educacao como Pratica da Liberdade (1967).
         Extension Communication (1969)
         Pedagogy of the Opressed (1972)
         A Pedagogy of Liberation Dialoges on Transforming Education (1987)
         Pedagogy of the City (1993)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar