Paulo Freire: tokoh pendidikan?
• Lahir 19 September 1921 di Kota Recife, Brasil, meninggal 2 Mei 1997
• Menjadi terkenal ketika menulis buku Pendidikan bagi Kaum Tertindas (Pedagogy of The Oppresed, 1972)
• Menemukan model pendidikan untuk memberdayakan ‘kaum tertindas” dari sistem penindasan
• Mencetuskan program pemberantasan buta huruf (literacy programs)
• Dalam buku Pedagogia do Oprimido (1970); Freire membongkar watak pasif dari praktek pendidikan.
• Pendidikan (klasik) merupakan alat untuk melanggenggkan sistem ‘penindasan’.
• Kritik atas pendidikan ‘gaya bank’; dimana guru bertindak sebagai penabung yang menabung informasi, dan murid dijejali informasi untuk disimpan (tidak digunakan?)
• Pendidikan pada dasarnya adalah upaya pembebasan dan membangkitkan kesadaran kritis
• Antitesa atas pendidikan ‘gaya bank’ melalui ‘pedagogy of liberation yakni pendidikan ‘hadap masalah’ (problem posing of education)
• Apa tujuannya:
1) mendorong dialog antara guru dan murid,
2) mendorong siswa mengajukan pertanyaan (kritis) menentang ‘status quo’
• Belajar ‘membaca’ bukanlah sekedar belajar mengeja huruf demi huruf dalam kata dan kalimat, melainkan membaca untuk melahirkan kesadaran (conscientia) –kritis terhadap sistem yang menindasnya-.
Antagonisme Pendidikan ‘gaya bank’:
- Guru mengajar, murid belajar,
- Guru tahu segalanya, murid tidak tahu apa-apa,
- Guru berpikir, murid dipikirkan,
- Guru bicara, murid mendengarkan,
- Guru mengatur, murid diatur,
- Guru memilih dan memaksakan pilihannya, murid menuruti.
- Guru bertindak, murid membayangkan bagaimana bertindak sesuai dengan tindakan guru,
- Guru memilih apa yang diajarkan, murid menyesuaikannya,
- Guru adalah subjek proses belajar, murid objeknya.
BAGAIMANA DENGAN PROSES PENDIDIKAN (KITA?)
• Asumsi yang harus diyakini (kita) adalah bahwa pendidikan –apapun dan dimanapun- tidak akan pernah terbebas dari kepentingan politik ataupun terbebas demi melanggengkan maupun kekuasaan yang ada.
• Sistem pendidikan –pada dasarnya- sebagai sarana reproduksi sistem dan struktur sosial yang tidak adil, seperti relasi kelas, relasi gender, relasi rasisme dsb.
PAULO FREIRE
• Dilahirkan di Recife, Brazil pada tanggal 19 September 1921
• mengalami langsung kemiskinan dan kelaparan pada masa Depresi Besar 1929
• Freire mulai belajar di Universitas Recife pada 1943, sebagai seorang mahasiswa hukum
• Pada 1944 ia menikah dengan Elza Maia Costa de Oliveira
• Pada 1946, diangkat menjadi Direktur Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dari Dinas Sosial di Negara bagian Pernambuco
• Pada 1961, diangkat sebagai direktur dari departemen Perluasan Budaya dari Universitas Recife
• Pada 1964, Freire dipenjarakan
• Pada 1967, Freire menerbitkan bukunya yang pertama
• Pada 1979, ia dapat kembali ke Brasil
• Pada 1986, istrinya Elza meninggal dunia, dan Freire menikahi Maria Araújo
• Freire meninggal dunia karena serangan jantung pada 2 Mei 1997.
• Pada 1961, diangkat sebagai direktur dari departemen Perluasan Budaya dari Universitas Recife
• Pada 1964, Freire dipenjarakan
• Pada 1967, Freire menerbitkan bukunya yang pertama
• Pada 1979, ia dapat kembali ke Brasil
• Pada 1986, istrinya Elza meninggal dunia, dan Freire menikahi Maria Araújo
• Freire meninggal dunia karena serangan jantung pada 2 Mei 1997.
PEMIKIRAN PAULO FREIRE
• Pendidikan sebagai aksi kultural untuk pembebasan
• harus ada dialektika antara teks dan konteks, teks dan realitas
• Tugas utama pendidikan sebenarnya mengantar peserta didik menjadi subyek
KARYA-KARYA
• Educacao como Pratica da Liberdade (1967).
• Extension Communication (1969)
• Pedagogy of the Opressed (1972)
• A Pedagogy of Liberation Dialoges on Transforming Education (1987)
• Pedagogy of the City (1993)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar